Rabu, 24 Agustus 2016

Khasiat Dan Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Kumis kucing - (Orthosiphon aristatus) adalah tanaman yang termasuk golongan famili lamicaeae/labiatae yang banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman ini dipercaya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan kita. Tanaman ini sebenarnya berasal dari Afrika yang kemudian menyebar ke Asia dan Australia.

Ciri-ciri Kumis kucing :
1.    Berbatang basah dan tegak
2.    Bagian bawah berakar tunggang
3.    Daun bundar / lonjong, panjangnya sekitar 1 s/d 10 cm.
4.    Tangkai bulat berwarna ungu kehijauan
5.    Posisi daun pada batang berselang seling
6.    Tulang daun bercabang- cabang
7.    Mahkota bunga berwarna putih atau putih keunguan
8.    Benang sari mencuat keluar mirip dengan kumis kucing
9.    Panjang tangkai daun 7 s/d 29 cm
10.  Mahkota berupa tandan dengan panjang 7 hingga 29 cm
11.  Biji yang masih muda berwarna putih kehitaman, sedangkan yang sudah tua berwarna coklat .

Tanaman ini biasa tumbuh ditanah yang subur, gembur, berhumus dan memiliki tata air serta udara yang baik. Kandungan zat kimia seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Adapun beberapa manfaat daun kumis kucing sebagai tanaman obat :

1. Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Memperlancar pengeluaran air kemih
Manfaat daun kumis kucing yang paling ampuh adalah untuk proses kencing. Salah satu khasiat daun kumis kucing adalah dapat memperlancar keluarnya air kemih/ air seni. Jika seseorang sulit dalam proses keluarnya air seni, itu berarti saluran kencingnya sedang mengalami infeksi.

2. Daun Kumis Kucing Mengobati Rematik
Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian, otot, dan urat. Pengobatan untuk penyakit ini biasnya ditujukan untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, serta memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.

3. Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati batuk
Batuk merupakan jenis penyakit yang umum diderita oleh manusia. Penyebab batuk sendiri adalah karena adanya benda asing (debu, alergi, atau kuman) atau sesuatu yang merangsang selaput lendir. Banyak sekali obat dipasaran yang ditawarkan untuk mengobati jenis penyakit yang satu ini. Mulai dari obat yang terbuat dari bahan-bahan kimia, sampai yang berbahan ekstrak tanaman herbal

4. Kumis Kucing Mengobati Asam urat
Asam urat adalah sejenis penyakit yang menyerang bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Penyakit ini terjadi karena adanya konsumsi zat purin yang berlebihan.  Jika kadar asam urat dalam tubuh kita berlebih, ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Hal ini mengakibatkan sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

5. Daun Kumis Kucing Mengobati Keputihan
Keputihan atau flour albus merupakan masalah yang umu terjadi pada wanita. Gangguan ini disebabkan oleh bakteri, virus, jamus, dan parasit. Salah satu cara tradisional yang dapat mencegah dan mengobati gangguan ini adalah dengan Bahan Herbal termasuk Kumis Kucing

6. Mengobati kencing batu
Kencing batu atau biasa juga disebut batu ginjal adalah salah satu penyakit saluran kemih yang biasanya berupa infeksi, obstruksi, rasa sakit, dan metaplasia. Batu ginjal sendiri merupakan massa keras seperti batu yang terdapat pada saluran kemih. Jika hal ini terjadi maka akan timbul rasa nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih, atau infeksi.

7. Daun Kumis Kucing Ampuh Mengobati Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang disebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Gejala diabetes bervariasi tergantung jenis diabetes yang anda miliki.  Diabetes juga dapat disembuhkan dengan memanfaatkan khasiat daun kumis kucing..

8. Kumis Kucing Menghilangkan rasa gatal akibat alergi
Alergi merupakan kegagalan kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi hipersensitif terhadap substansi tertentu, misalnya serbuk sari, jamur, dan bulu binatang.

9. Daun Kumis Kucing Mengobati hipertensi
Hipertensi adalah kondisi yang biasa terjadi pada masyarakat dimana cairan darah dalam tubuh sangat kuat menekan arteri. Semakin banyak darah yang dipompa ke  jantung dan arteri menyempit, tekanan darah akan meningkat. Namun semua itu bias diobati juga dengan kandngan yang ada dalam kumis kucing.

10.  Mengobati Sipilis
Sipilis merupakan sejenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri spirochaeta pallida atau treponema pallidum. Penyakit ini menular melalui hubungan seksual, baik vagina,l, rektum, anal, maupun oral seks.

Gejala penyakit ini adalah :
1.    Pembengkakan pada getah bening
2.    Tonjolan seperti kutil di daerah sekitar anus dan ketiak
3.    Munculnya sakit / chancre ( kadang muncul beberapa luka )
4.    Ruam pada telapak tangan dan telapak kaki
5.    Timbulnya gejala flu seperti demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, kelelahan,pusing
6.    Mati rasa meliputi kesulitan menggerakkan otot, lumpuh, bahkan kebutaan

Pengobatan tradisional untuk penyakit ini adalah dengan memanfaatkan khasiat daun kumis kucing yaitu dengan cara merebus beberapa lembar daun kumis kucing dengan dua gelas air besih hingga air tesebut hanya tersisa satu gelas saja. Konsumsilah ramuan tersebut selagi hangat. Meminum ramuan tersebut secara rutin dapat mengobati penyakit sipilis sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh
Demikianlah beberapa kasiat yang bisa kita ambil dari tanaman kumis kucing. Semoga bermanfaat.
Manfaat Kumis Kucing Untuk pengobatan Sipilis dll,
Silahkan Klik
http://terbaruobatsipilis.blogspot.com/2016/07/pengobatan-sipilis-terbaru-yang-paling.html

0 komentar:

Posting Komentar